Posted on Leave a comment

Pertimbangan Penting Sebelum Lakukan Pinjaman Kredit

menentukan tujuan pinjaman dan memilih perusahaan pembiayaan yang tepat sebelum melakukan pinjaman kredit

Seiring berjalannya waktu, perubahan zaman menyebabkan biaya hidup ikut meningkat. Maka dari itu terkadang Anda tidak bisa menghindari hal-hal seperti kebutuhan yang membludak dan lebih besar dari penghasilan Anda. Atau pada suatu saat Anda ingin bisa membeli rumah atau kendaraan baru, maka pada saat  itu Anda pasti akan terpikir untuk melakukan pinjaman kredit . Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda melakukan pinjaman seperti di bawah ini :

Tentukan Tujuan Pinjaman

Sebaiknya pada saat Anda melakukan pinjaman kredit, maka Anda memiliki tujuan yang jelas tentang apa tujuan Anda dalam melakukan pinjaman. Jika Anda melakukan pinjaman karena hendak menutupi kebutuhan sehari-hari, maka sebaiknya Anda urungkan saja untuk melakukan pinjaman kredit, sebab Anda bisa lebih berhemat atau mencari tambahan pemasukan. Daripada Anda harus melakukan pinjaman yang pada akhirnya hanya akan menambah pengeluaran Anda setiap bulannya karena kini ada cicilan yang harus Anda bayar. Namun jika Anda melakukan pinjaman kredit untuk membeli keperluan yang jumlah uangnya besar seperti rumah, kendaraan atau modal usaha maka Anda bisa melakukan pinjaman kredit. Itu pun harus Anda pertimbangkan lagi apakah Anda akan sanggup membayarnya setiap bulan.

Pilih Perusahaan Pembiayaan Yang  Tepat

Apabila Anda meminjam di bank maka Anda akan melalui proses yang sangat panjang, belum lagi dengan jumlah pinjaman kredit yang biasanya sangat besar. Namun jika Anda membutuhkan pinjaman kredit yang tidak terlalu besar nominalnya, alih-alih meminjam pada bank, akan lebih baik jika Anda meminjam uang pada perusahaan pembiayaan lainnya. Sekarang ini sudah banyak alternatif perusahaan pembiayaan selain bank yang bisa Anda manfaatkan untuk meminjam sejumlah uang dengan jumlah yang tidak besar dan tentunya juga bunga yang sesuai. Namun tentunya Anda harus memilih perusahaan pembiayaan yang resmi dan telah bekerjasama dengan OJK sehingga dengan demikian aturan peminjaman kredit di perusahaan tersebut sesuai dengan aturan yang  diberlakukan pemerintah dan tentunya tidak akan memberatkan Anda saat melakukan pinjaman kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *