Posted on Leave a comment

Simak Pengertian dan Apa Saja yang Harus Ada Dalam Invoice Onlinemu!

Ilustrasi cara membuat invoice online

Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak transaksi jual beli yang berbasis online, terutama semenjak e-commerce mulai bermunculan. Jika kamu merupakan penjual atau pebisnis, maka kamu tidak asing dengan istilah invoice. Yuk, simak pengertian invoice online dan apa saja yang harus ada dalam membuat invoice online dan bagaimana cara membuat invoice online.

Pengertian Invoice Online

Saat menjalankan sebuah bisnis, faktur atau invoice merupakan dokumen yang harus anda miliki. Invoice ini akan anda berikan kepada pelanggan atau pembeli saat melakukan jual beli produk. Namun, seiring perkembangan zaman dimana banyak proses jual beli dilakukan secara online, maka invoice yang diberikan juga secara online. Dengan membuat invoice online, anda sebagai pebisnis akan dipermudah dalam proses manajemen bisnis anda. Kemudahan yang lain dengan membuat invoice online adalah anda bisa mengirimkannya via email ke pembeli tanpa perlu repot mencetaknya.

Hal yang Harus Ada Dalam Membuat Invoice Online

Meskipun invoice yang anda buat bersifat online, anda harus tetap memperhatikan poin-poin yang harus ada di dalam sebuah invoice. Hal ini bertujuan agar informasi yang ada di dalam invoice online juga bisa diterima dan dipahami oleh pembeli. Poin-poin tersebut adalah:

  1. Logo dan nama perusahaan.
  2. Nomor order atau pesanan.
  3. Nomor urut invoice.
  4. Surat jalan atau delivery order atau bisa diganti dengan kode nomor transaksi.
  5. Detail deskripsi produk yang dibeli oleh pembeli.
  6. Jumlah total pembayaran yang dibayar oleh pembeli.
  7. Sertakan besaran diskon (jika ada diskon yang digunakan dalam transaksi pembelian).
  8. Besaran biaya pengiriman (jika ada).
  9. Besaran biaya PPN jika dibebankan kepada pembeli.
  10. Besaran jumlah total (penjumlahan antara harga produk, diskon, ongkos kirim, dan PPN).

Dalam membuat invoice online setidaknya anda perlu mencantumkan beberapa poin utama diatas. Meskipun sifatnya hanya online, tetapi invoice merupakan data penting dalam transaksi jual beli sehingga harus memuat informasi dasar secara lengkap. Jika invoice online milik bisnis anda belum lengkap, segera dilengkapi ya agar memudahkan proses manajemen dan pembeli juga! Oleh karena itu perlu memilih cara membuat invoice online yang tepat agar usaha anda berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *